Rabu, 30 Maret 2016

Membuat Efek Panorama Planet Dengan Photoshop


Tutorial Membuat Efek Panorama Planet Dengan Photoshop. Ada filter menarik milik Photoshop yaitu Filter>Distort>Polar Coordinates, yang bisa kita gunakan untuk membuat efek planet kecil dari foto lansekap atau foto gedung di perkotaan. Untuk menerapkan filter polar coordinates sebaiknya dipilih foto lebar agar diperoleh foto lingkaran planet yang baik. Jika foto yang kita miliki kurang lebar, bisa diakali dengan menyalin foto lalu menempelkannya di sebelah kanan menggunakan Free Transform. Setelah memperlebar foto, ubah nilai height foto menjadi sama dengan nilai width-nya. Rotasi terlebih dahulu 1800 agar foto gedung/lansekap berada di atas, barulah kita terapkan filter polar coordinates. Sebagai tambahan kita akan memberi warna di luar planet menggunakan warna yang lebih gelap agar efek lingkaran planet dan atmosfirnya lebih terlihat.
Berikut langkah-langkahnya:

1. Duplikasi Layer.

Duplikasi Layer

Gambar: Duplikasi Layer.

Setelah membuka foto menggunakan Photoshop, duplikasi layer Background, caranya tekan tombol Ctrl+J. Sumber foto untuk tutorial Photoshop ini saya ambil dari Microsoft Office Image.

2. Tambah Lebar Foto Dengan Free Transform.

Free Transform

Gambar: Flip Horizontal.Geser dot di tengah foto ke kotak kecil di sebelah kanan.

Kita akan menambah ukuran lebar foto dengan menyalin foto lalu menempelkannya di sebelah kanan. Cara termudah adalah menggunakan Flip Horizontal milik Free Transform. Tekan Ctrl+T untuk memanggil Free Transform. Akan muncul kotak Free Transform mengelilingi foto. Perhatikan di bagian tengah foto terdapat dot kecil. Geser (klik kemudian drag) dot ini ke kanan hingga menyatu dengan kotak kecil di kanan kotak Free Transform. Selanjutnya pilih menu Edit>Transform>Flip Horizontal. Tekan tombol Enter untuk commit transform.

3. Reveal All.

Flip Horizontal

Gambar: Reveal All.

Foto hasil salinan yang telah kita flip horizontal belum terlihat pada dokumen. Pilih menu Image>Reveal All. Sekarang foto anda sudah memiliki lebar dua kali dari sebelumnya.

4. Flatten Image.

Flatten Image

Gambar: Flatten Image.

Pilih menu Layer>Flatten Image, kedua layer kita gabung menjadi satu.

5. Ubah Ukuran Foto.

Ubah ukuran foto

Gambar: Pilih menu Image>Image Size.

Ukuran foto sama

Gambar: Foto telah memiliki panjang dan lebar yang sama.

Pilih menu Image>Image Size. Jangan centang checkbox Scale Style dan checkbox Constrain Proportions. Kopikan kolom width ke height sehingga foto memiliki ukuran width dan height yang sama. Klik tombol OK. Sekarang foto kita sudah memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama.

6. Rotasi 180 derajat.

Rotasi 180

Gambar: Lakukan Rotasi 180 derajat.

Untuk membuat efek planet dengan posisi perkotaan di bagian atas planet, kita harus melakukan rotasi 180 derajat terlebih dahulu. Pilih menu Image>Image Rotation>180.

7. Terapkan Filter Polar Coordinates.

Filter Polar Coordinates

Gambar: Kotak dialog Polar Coordinates.

Hasil Filter Polar Coordinates

Gambar: Hasil Filter Polar Coordinates.

Sekarang kita terapkan Filter Polar Coordinates dengan memilih menu Filter>Distort>Polar Coordinates. Pada kotak dialog Polar Coordinates, pilih Rectangular to Polar. Klik tombol OK. Kita lihat di bagian luar lingkaran planet terdapat area yang terdistorsi.

8. Seleksi Area di luar Planet.

Seleksi Area Terdistorsi

Gambar: Seleksi area di luar lingkaran planet.

Saya akan mengganti warna di luar lingkaran planet dengan warna biru gelap. Klik icon Elliptical Marquee Tool. Kemudian sambil menekan tombol Shift+Alt, klik di pertengahan foto dan drag arah luar agar diperoleh seleksi lingkaran sempurna. Lakukan inversi, caranya pilih menu Select>Inverse.

9. Pilih Warna Foreground.

Color Picker

Gambar: Color Picker untuk foreground color.

Klik kotak foreground color. Akan muncul kotak dialog Color Picker. Saya akan memilih warna biru gelap. Kemudian klik tombol OK.

10. Fill Area Seleksi Dengan Warna Foreground.

Fill Area

Gambar: Fill Seleksi.

Langkah terakhir adalah memberikan warna untuk area di luar planet. Sebelumnya saya sudah memberi warna biru gelap untuk foreground color. Dengan seleksi masih aktif, tekan tombol keyboard Backspace untuk mem-Fill area seleksi. Akan muncul kotak dialog Fill. Pada dropdown Use, pilih Foreground Color. Klik tombol OK. Selesai memberi warna background selesai juga efek planet kecil.
berikut ini efek polar coordinate yang dihasilkan:

Membuat Efek Panorama Planet Dengan Photoshop

Gambar: Tutorial Membuat Efek Panorama Planet Dengan Photoshop.
Semoga Anda menyukainya. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda