Sabtu, 03 Maret 2018

Cara Cepat Membuat Presentasi PowerPoint Sederhana

Cara Cepat Membuat Presentasi PowerPoint Sederhana

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi presentasi paling popular yang dipakai mulai dari ruang kuliah sampai ruang rapat perusahaan. Keynote milik Apple dan Google Slides adalah saingan utamanya, tetapi hanya sedikit saja aplikasi yang digunakan seumum PowerPoint.
Walaupun PowerPoint mudah dan meluas penggunaannya, kadang membingungkan juga bila harus membuat presentasi dari nol sama sekali. Setiap halaman baru yang kosong memerlukan banyak isian pilihan desain.
Beruntunnya, PowerPoint mempunyai banyak fitur untuk membantu kita membuat presentasi dengan cepat.
Simplicity PowerPoint Theme
tema simplicity di PowerPoint mempunyai cukup banyak ide layout beserta pilihan-pilihannya sehingga menghindarkan kita dari keharusan membuat presentasi dari nol.
Tutorial ini mengajarkan anda cara membuat presentasi PowerPoint sederhana menggunakan template-template yang sudah ada. Anda juga akan mempelajari pengunaan tool-tool canggih untuk menghindari pembuatan secara manual pada kebanyakan presentasi.
Mari kita belajar langkah demi langkah pembuatan presentasi PowerPoint menggunakan salah satu tema.
Berikut lima tips favorit saya dalam membuat presentasi secara cepat tanpa mengorbankan kualitas:
  1. Gunakan Tema yang Tidak Biasa - Tema-tema Unik PowerPoint yang menyediakan banyak ide bagi slide anda. Anda bisa memasukkan isian anda sendiri dan menghemat waktu ketimbang harus membuat dari awal.
  2. Manfaatkan Layout yang Sudah Disertakan - Layout-layout ini merupakan cetak biru desain slide. Kebanyakan tema mempunyai layout-layoutnya masing-masing dan sudah menyertakan placeholder khusus untuk teks, gambar, video, dan masih banyak lagi.
  3. Gunakan Kembali Elemen-elemen Kunci - Bila anda sudah membuat satu grafik yang bagus misalnya, anda bisa kopi lagi grafik tersebut ke halaman lain dan tinggal merubah data tabelnya saja--tidak perlu anda buat baru lagi.
  4. Merencanakan Isi Lebih Dulu dan Desain Kemudian - Sebelum membuka PowerPoint, putuskan dulu apa yang ingin anda sampaikan dalam presentasi. Pilihan desain dan tema akan membingungkan anda nantinya bila anda belum punya ide tentang isi presentasi. Presentasinya akan cepat dibuat kalau anda mau mendahulukan isi.
  5. Ingat, Sedikit itu Lebih Banyak - Anda tidak boleh memasukkan semua yang ingin anda sampaikan ke dalam PowerPoint. Slide itu hanya bantuan visual untuk mendukung presentasi anda, bukan berbicara untuk anda. Dengan jumlah slide yang lebih sedikit, anda sudah menghemat waktu.
Demikian beberapa cara tercepat yang saya tahu untuk membuat presentasi yang kuat dan tidak memakan waktu.
File PowerPoint hanya salah satu bagian saja dalam memberikan presentasi yang menarik. Anda perlu melakukan riset, melihat kembali data, menyiapkan poin-poin yang mau disampaikan, dan berlatih.
Dengan semua langkah persiapan ini, hanya akan tersisa sedikit waktu bagi anda untuk membuat PowerPoint. Itulah sebabnya kita harus memanfaatkan sebanyak mungkin bantuan untuk membuat presentasi dengan cepat.
Berikut lima langkah membuat presentasi Powerpoint dengan cepat:
Langkah faforit saya adalah bagian ini. Memilih tema PPT profesional yang mudah digunakan sangat menyingkat waktu pembuatan presentasi.
Waktu anda mulai membuat presentasi baru, slide yang kosong dapat membingungkan anda. Butuh ide awal untuk mulai membuat presentasi anda.
Untuk memudahkan anda, saya sarankan untuk menggunakan tema Powerpoint custom, di sini saya gunakan tema Simplicity PowerPoint yang tersedia di GraphicRiver.
Simplicity Example
Tema Simplicity PowerPoint menyertakan 210 desain slide berbeda untuk membantu anda membuat presentasi dengan cepat.
Kalau anda bukan desainer profesional, akan lebih baik bila anda mengkonsultasikan desain anda ke profesional. Cara paling menghemat waktu yang saya temukan adalah dengan menggunakan tema PowerPoint dari profesional, lalu berdayakan sesuai kebutuhan sendiri.
Keuntungan dari teman-teman custom seperti ini adalah adanya slide-slide jadi dengan beragam ide yang sesuai untuk isian presentasi anda. Tema Simplicity, contohnya, mempunyai 210 desain slide yang unik sebagai panduan pilihan untuk isian presentasi anda.
Bila tema Simplicity belum tepat untuk anda atau anda ingin melihat pilihan-pilihan lainnya, silahkan lihat pilihan-pilihan desain presentasi berikut:
  • Presentasi-presentasi
    20 Template PPT: Untuk Presentasi PowerPoint yang bc Sederhana dan Modern
    Sean Hodge
Layouts merupakan desain-desain slide yang disertakan dalam template PowerPoint. Daripada secara manual melakukan penempatan tex box, gambar, dan konten-konten lain, layouts menyediakan kotak-kotak penampung untuk memudahkan.
Keunggulan tema-tema berbayar adalah tersedianya layouts yang melimpah. Ketika akan memutuskan bagaimana cara menampilkan informasi-informasi, banyak ide slide yang sangat membantu.
Cobalah layouts custom dari kami, pastikan anda sedang mengaktifkan tab Home di ribbon PowerPoint. Cari dropdown Layouts lalu klik. Anda bisa pilih salah satu dari sekian banyak layouts untuk membuat slide baru.
Untuk tema Simplicity, pembuatannya membagi model-model layout dalam beberapa sesi, di antaranya "Team Slides" atau "Slides with Images." Jelajahi kategori-kategori tersebut dan pilih yang paling pas untuk anda. Waktu anda pilih, PowerPoint langsung menyertakan kotak-kotak penampung untuk konten anda.
Simplicity simple PowerPoint presentation layouts
Tema Simplicity menyertakan banyak sekali pilihan layout untuk kemudian diisi konten anda sendiri 
Untuk tema-tema berbayar, pembuatannya biasanya menyertakan banyak slide yang juga sudah berisi konten contoh. Layout pada umumnya tidak punya isi. Pilihan manapun yang anda temui tetap memudahkan anda membuat presentasi.
Tema-tema berbayar memang sangat membantu, tapi anda perlu melakukan kostumisasi supaya pas untuk presentasi anda. Mari kita lihat bagaimana menggunakan tema Simplicity dan membuat suatu presentasi.
Dalam kasus saya, saya biasanya menggunakan tema Simplicity untuk menarik perhatian klien studio desain saya. Anda bisa juga menggunakannya untuk menarik minat klien bisnis ataupun untuk mendapatkan bisnis baru.
Berikut beberapa slide kunci yang harus disertakan dalam presentasi anda:
Yang paling penting, anda harus menarik perhatian audiens anda di awal presentasi! Penempatan yang yang tepat membuat presentasi anda menarik.
Prinsip presentasi favorit saya sebut BLUF, atau "bottom line up front." Pernahkah anda duduk menyimak presentasi sudah selama satu jam dan anda belum paham intinya, dan baru paham di beberapa menit terakhir? akan lebih baik bila inti presentasi disampaikan di awal, baru kemudian diikuti slise-slide penjelas.
Pada slide di bawah ini, saya sudah menggunakan 4 slide dengan gambar sendiri dengan metode BLUF. Desain slide seperti ini sangat pas karena memuat textbox untuk tulisan yang singkat dan wadah gambar yang lebih besar. Kotak teks menawarkan nilai studio desain saya, dan gambar tersebut menunjukkan proyek baru-baru ini.
Attention-getter in PowerPoint first slide
Dalam contoh ini, saya telah menggunakan desain slide dengan kotak teks pendek untuk ringkasan singkat mengapa klien memilih studio kami untuk proyek berikutnya.
Kesederhanaan memiliki banyak pilihan untuk membuka slide. Saya biasanya mencari desain yang mencakup kotak teks pendek (tidak perlu membanjiri dengan poin peluru) dan banyak ruang untuk gambar atau ilustrasi yang eye catching.
Dalam karir lepas saya, saya telah menemukan bahwa klien terutama mempekerjakan berdasarkan kepercayaan mereka. Yang terpenting, membangun hubungan yang bermakna dengan klien akan membantu Anda menambah dan mempertahankan klien.
Kesederhanaan memiliki slide yang bagus (# 71) untuk menampilkan anggota di tim Anda. Ini memiliki placeholder untuk gambar setiap anggota, dan placeholder teks untuk mengenalkan apa yang mereka lakukan untuk tim Anda.
Team PowerPoint presentation Slide
Perkenalkan tim Anda dengan sedikit latar belakang dan pekerjaan yang mereka lakukan masing-masing. Catatan: Template ditampilkan di atas dan kustomisasi di bawah ini.
Jika Anda akan membangun hubungan yang berarti dengan klien, pamer tim yang akan melakukan pekerjaan itu. Sekalipun seluruh tim tidak dapat mencapai pertemuan tersebut, Anda dapat membantu klien potensial Anda mengenal tim yang akan mereka tangani jika mereka memilih Anda.
Yang terpenting, klien potensial ingin melihat pekerjaan yang telah Anda lakukan. Slide portofolio memamerkan proyek favorit Anda dan rincian penting tentangnya.
Ada sejumlah desain slide yang bisa dijadikan portfolio dalam Simplicity. Saya menyukai template slide pada slide 77, yang mencakup tiga tempat yang cukup besar untuk gambar pekerjaan Anda. Yang penting, tunjukkan pekerjaanmu kepada calon klien.
Simple PowerPoint template customized with project images
Yang terpenting, tunjukkan pekerjaan terbaik Anda kepada calon klien.
Saya tidak bisa cukup menekankan ini: menyesuaikan slide ini dengan calon klien yang Anda lempar. Jika Anda menawar untuk membuat situs web untuk fotografer, pastikan dan bagikan kisah sukses masa lalu untuk desain fotografer lainnya. Letakkan kaki kanan Anda ke depan saat melempar ke klien baru.
Jika Anda tidak memiliki pengalaman yang relevan dalam portofolio Anda, temukan pekerjaan serupa dalam portofolio Anda dan bagikan bagian yang relevan. Jika Anda melempar foto ke fotografer, namun hanya dirancang untuk toko roti lokal, fokuskan pada bagaimana Anda belajar tentang bisnis mereka dan menyesuaikan pekerjaan dengan kebutuhan klien individual.
Statistik yang eye-catching yang ditunjukkan dalam grafik atau grafik adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada penonton nilai bisnis Anda.
Untuk studio desain, satu gagasan adalah menunjukkan bagaimana desain web baru untuk klien meningkatkan lalu lintas di situs mereka. Jika Anda memalsukan SEO dan pemasaran, klien Anda akan melihat lebih banyak pengunjung dan aktivitas media sosial yang masuk.
  • Microsoft PowerPoint
    Cara Membuat Grafik Hebat di Microsoft PowerPoint
    Andrew Childress
Pada contoh di bawah ini, saya memulai dengan template dari slide 155 di Simplicity. Ini adalah diagram lingkaran yang saya gunakan untuk menunjukkan peningkatan aktivitas di halaman klien saya. Saya hanya mengetik angka di atas jumlah placeholder, dan menyesuaikan grafik lingkaran yang sesuai.
Add chart
Saya menggunakan salah satu visualisasi built-in Simplicity dengan statistik saya sendiri untuk menciptakan infografis yang mudah diingat.
Grafik adalah ide yang sangat bagus saat Anda berencana untuk membagikan presentasi dengan orang lain. Statistik kunci ini cenderung dibagikan dengan orang lain, seperti pemasaran gratis untuk bisnis Anda.
Untuk slide penutup, ada baiknya Anda meninggalkan audiens dengan mengingatkan akan detail kontak Anda.
Contact Details in simple presentation closing slide
Jangan lupa untuk meninggalkan klien potensial Anda dengan sarana untuk berhubungan.
Pendekatan lain adalah menggunakan slide dengan poin peluru untuk mengulang kembali gagasan utama dari presentasi Anda. Saya lebih suka meninggalkan ini sebagai poin pembicaraan dan menggunakan slide terakhir sebagai halaman kontak.
Contoh di atas hanyalah beberapa skenario bagaimana Anda bisa menggunakan desain bawaan dengan konten Anda sendiri. Dengan Kesederhanaan dan template premium lainnya, ada cukup banyak gagasan agar sesuai dengan konten Anda.

Tips yang dibagikan dalam tutorial ini adalah rahasia cara singkat untuk membuat presentasi PowerPoint yang hebat. Menggunakan kustom tema dan tata letak yang telah dibangun serta beberapa tool yang merupakan cara terbaik untuk membuat presentasi profesional dengan cepat.
Berikut adalah beberapa tutorial Envato Tuts+ yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda