Penggunaan rumus pada microsoft excel akan memudahkan anda dalam
pengoperasian data sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satu rumus yang
dapat anda pergunakan adalah if.
If merupakan suatuu kode yang digunakan
untuk menyatak suatu kondisi. Biasa nya if diiringi dengan jawaban true
atau false atau juga biasa diiringi denan kalimat yang menyatakan benar
ataupun salahnya suatu kondisi yang diyatakan oleh if.
Sehingga dengan menggunakan rumus
logical test akan papat membantu anda dalam memberikan suatu nilai
ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.
Berikut conot dalam penggunaan if didalam Mc Office Exel :
Berikut conot dalam penggunaan if didalam Mc Office Exel :
1. Langkah pertama anda dapat membuka
program Microsoft excel, baik yang sudah memiliki data atau anda dapat
membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus
atau tidak lulus.
2. Setelah itu anda dapat memasukan
rumus logika, misalnya akan menerapkan suatau kondisi dimana siswa yang
mendapatkan nilai diatas 7 maka dinyatakan ‘LULUS’ sedangkan siswa yang
mendapatkan nilai dibawah 7 maka dinyatakan ‘TIDAK LULUS’, maka untuk
permasalahan seperti itu anda dapat membuat contoh logika simpel
=IF(D3>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
3. Sedangkan apabila anda memiliki dua
data, misalnya saja pada laporan elajar siswa, yang didalam laporan
terdapat dua nilai, yaitu nilai UTS dan nialai UAS, dan anda ingin
mencari nilai rata – rata niali tersebut dan yang memiliki niali rata –
rata diatas 7 dinyatakan lulus. Maka anda dapat menggunakan rumus
seperti ini =IF((D3+E3)/2>=69,”LULUS”,”TIDAK LULUS”
Dengan memahami fungsi rumus IF maka
anda dapat memulai mengerjakan hal lain yang ternyata pas jika
diterapkan dengan rumus seperti ini sehingga membantu anda dalam
pengoperasian yang lebih cepat.
itulah Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel
atau anda juga bisa baca Penggunaan Rumus MS Excel
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda